Metode Inkuiri Terbimbing
- Keller (1992), inkuiri terbimbing adalah metode pembelajaran yang menekankan pada siswa yang memecahkan masalah dari guru atau buku teks melalui cara-cara ilmiah, melalui pustaka dan melalui pertanyaan dan guru membimbing siswa dalam menentukan proses pemecahan dan identifikasi solusi sementara dari masalah tersebut. disini Keller menyatakan bahwa metode inkuiri terbimbing adalah metode belajar yang menekankan pada proses menjawab masalah, bukan pada membuat masalah.
- Jerome Bruner, dalam Tanto (2008), inkuiri terbimbing adalah suatu metode yang menekankan pada proses, suatu cara dalam mendeteksi permasalahan bukan hanya suatu produk atau item pengetahuan tertentu. Proses penemuan dapat menjadi kemampuan umum melalui latihan pemecahan masalah dan praktek membentuk dan menguji hipotesis. Belajar dengan penemuan adalah belajar untuk menemukan sehingga seorang siswa dihadapkan dengan suatu masalah atau situasi yang tampaknya ganjil sehingga siswa dapat mencari jalan pemecahan.
- Nurhadi dan Senduk (2003), inkuiri terbimbing merupakan proses yang bergerak dari langkah observasi sampai langkah pemahaman. inkuiri terbimbing dimulai dengan observasi yang menjadi dasar pemunculan berbagai pertanyaan yang diajukan siswa.
Keller, 1992. Journal of
Motivation Disossiation and Analysis Student in Class/Development and Use of
The ARCS Model of Instructional Design Journal of Instructional Development (Line), http://www.scrb.journal/motivation.go.id
Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya
dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: UM Press
Tanto, T. 2008. Efektivitas Penerapan Metode Inkuiri pada
Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri
I Garum-Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar